Menyelenggarakan proses perkuliahan yang berkualitas dan suasana akademik yang nyaman.
Menyelenggarakan penelitian yang bereputasi internasional dan hasilnya dimanfaatkan oleh masyarakat.
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai etika moral akademik dan hospitaliti.
Membangun jejaring kerjasama dan kemitraan dengan berbagai stakeholder di bidang kepariwisataan baik di tingkat nasional maupun internasional sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, layanan, serta lulusan.
a. Menyiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan, kompetensi dan cara berpikir yang luas di bidang pariwisata serta karakter yang memuliakan Tuhan.
b. Menjadikan Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan pariwisata yang berperan dalam pengembangan sumber daya manusia pariwisata Indonesia.
c. Melakukan pembinaan kehidupan akademik dan peningkatan jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan maupun industri pariwisata di tingkat nasional maupun internasional.
a. Penyiapan pengetahuan, kompetensi dan cara berfikir lulusan serta civitas akademika di Politeknik Pariwisata NHI Bandung dengan kepribadian Indonesia.
b. Peningkatan peran Politeknik Pariwisata NHI Bandung dalam pengembangan SDM pariwisata di Indonesia.
c. Peningkatan kredibilitas Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan terkemuka pada tingkat nasional dan global
a. Amanah, merupakan sebuah karakter yang harus dimiliki oleh seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung yang dilandasi oleh kejujuran dan bertanggung jawab dalam rangka menjunjung mutu kualitas guna pencapaian visi dan implementasi misi.
b. Hospitaliti, merupakan sebuah keyakinan dalam yang harus dimiliki oleh setiap civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai sebuah budaya melayani kepada setiap stakeholders kepariwisataan pada tingkat nasional maupun internasional.
c. Loyal, merupakan suatu prinsip yang melekat kepada seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung guna berkarya sesuai fungsi dan peran bagi kepentingan nasional dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung
d. Adaptif, merupakan suatu sikap dalam menerima perubahan lingkungan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi guna diterapkan dalam pengembangan SDM kepariwisataan.
e. Kolaboratif, Merupakan suatu sikap dalam mengembangkan kerjasama yang saling memberikan manfaat dari seluruh stakeholders kerpariwisataan nasional maupun internasional.
Menjamin tercapainya tujuan Pendidikan tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan merapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan permberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan;
Menjamin agar pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan
Mendorong agar perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu pembelajaran, penelitian, dan pengabdian
Tim Perumus, Pusat Penjaminan Mutu, Administrasi Akademik, Administrasi Umum, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung.
Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung dan Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.
Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa.
Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.
Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.
Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.
Indikator Capaian Standar Penilaian Pembelajaran
Setiap Program Studi wajib memenuhi prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan dalam melakukan penilaian pembelajaran.
Setiap program studi harus memastikan penilaian pembelajaran pada setiap mata kuliah dilakukan secara komprehensif dan menggunakan teknik dan instrumen yang tepat.
Setiap program studi wajib melaksanakan penilaian pembelajaran pada setiap mata kuliah dengan mekanisme dan prosedur yang dapat dipertanggungjawabkan.
Setiap Program Studi wajib melakukan pelaksanaan penilaian pembelajaran pada setiap program studi sesuai RPS secara objektif oleh penilai yang kompeten dan relevan.
Setiap Program Studi wajib menetapkan kelulusan mahasiswa berdasarkan pemenuhan capaian pembelajaran lulusan yang ditargetkan oleh program studi.
Manual Standar Penilaian Pembelajaran
Manual | Kode Prosedur | Kode Panduan | Kode Formulir |
---|---|---|---|
Penetapan Standar Penilaian Pembelajaran |
Manual | Kode Prosedur | Kode Panduan | Kode Formulir |
---|---|---|---|
SOP Evaluasi Proses Belajar Mengajar Program Studi | SOP-PPNHIB-MPI-01.1 | FORM -PPNHIB-MPI-03
FORM -PPNHIB-MPI-05 FORM -PPNHIB-MPI-06 FM-PPNHIB-AAK-05.a-01 FM-PPNHIB-AAK-05.a-02 | |
SOP Pelaksanaan Tugas Akhir Mahasiswa | SOP-PPNHIB-MPI-01.2 | FM-PPNHIB-AAK-07.a-01
FM-PPNHIB-AAK-07.b-01 FM-PPNHIB-AAK-07.b-02 FM-PPNHIB-AAK-07.b-03 FM-PPNHIB-AAK-07.b-04 FM-PPNHIB-AAK-09.a-01 FM-PPNHIB-AAK-09.a-02 FM-PPNHIB-AAK-09.a-03 FM-PPNHIB-AAK-09.a-04 FM-PPNHIB-AAK-09.j-01 | |
Survey Kepuasan Pembelajaran Mahasiswa | PANDUAN-PPNHIB-TPK-07 | FM-TPK-B7-01 FM-TPK-B7-02 | |
SOP Melaksanakan Asesmen | SOP-PPNHIB-LSP-02 | • FM-LSP-02-01 FR.APL.01 Permohonan Sertifikasi Kompetensi
• FM-LSP-02-02 Daftar hadir asesi • FM-LSP-02-03 Undangan Rapat Koordinator UJK • FM-LSP-02-04 Surat Permohonan Pengajuan Blanko • FM-LSP-02-06 layout Klaster dan Kualifikasi • FM-LSP-02-07 Daftar Hadir Kordinator Rapat UJK • FM-LSP-02- 08 layout Klaster dan Kualifikasi • FM-LSP-02-09 RISALAH RAPAT LSP – UJK • FM-LSP-02-10 contoh sertifikat mahasiswa | |
Pelaksanaan Ujian Tengah dan Akhir Semester | SOP-PPNHIB-AAK-05.b | ||
Pelaksanaan Ujian Ulang | SOP-PPNHIB-AAK.05.c | ||
Komplain nilai | SOP-PPNHIB-AAK.05.d | ||
Usulan Penelitian Tugas Akhir/PA/Skripsi/Tesis | SOP-PPNHIB-AAK-07.a | FM-PPNHIB-AAK-07.a-01 | |
Turnitin | SOP-PPNHIB-AAK.09.c | ||
Panduan Pelaksanaan Ujian Sidang Online | SOP-PPNHIB-AAK-09.e | ||
Pelaksanaan Ujian Sidang | SOP-PPNHIB-AAK.09.f | ||
Mekanisme Ujian Sidang Full Online | SOP-PPNHIB-AAK.09.g | ||
Standar Minimal Kelulusan | SOP-PPNHIB-AAK-09.h | ||
Yudisium | SOP-PPNHIB-AAK-09.i | ||
Perbaikan Hasil Ujian Sidang | SOP-PPNHIB-AAK-09.j | FM-PPNHIB-AAK-09.j-01 | |
Lulusan Tepat Waktu | SOP-PPNHIB-AAK-10 | ||
Rata-Rata IPK | SOP-PPNHIB-AAK-11 | ||
Pelaksanaan Wisuda | SOP-PPNHIB-AAK-12 | ||
Penerbitan Ijazah, Transkrip dan SKPI | SOP-PPNHIB-AAK.13.a | ||
Legalisir Ijazah | SOP-PPNHIB-AAK.13.b | ||
Surat Keterangan Pendamping Ijazah | SOP-PPNHIB-AAK-13.c |
Manual | Kode Prosedur | Kode Panduan | Kode Formulir |
---|---|---|---|
Evaluasi Pelaksanaan Standar Penilaian Pembelajaran |
Manual | Kode Prosedur | Kode Panduan | Kode Formulir |
---|---|---|---|
Pengendalian Standar Penilaian Pembelajaran |
Manual | Kode Prosedur | Kode Panduan | Kode Formulir |
---|---|---|---|
Manual Standar Isi Pembelajaran |
Dokumen Terkait dan Referensi
No. | Nama Prosedur | Kode Prosedur |
---|---|---|
1. | SOP Evaluasi Proses Belajar Mengajar Program Studi | SOP-PPNHIB-MPI-01.1 |
2. | SOP Pelaksanaan Tugas Akhir Mahasiswa | SOP-PPNHIB-MPI-01.2 |
3. | SOP Evaluasi Proses Belajar Mengajar Program Studi | SOP-PPNHIB-MPI-01.1 |
4. | SOP Melaksanakan Asesmen | SOP-PPNHIB-LSP-02 |
5. | SOP Sertifikasi Kompetensi | SOP-PPNHIB- LSP-06 |
6. | Pelaksanaan Ujian Tengah dan Akhir Semester | SOP-PPNHIB-AAK-05.b |
7. | Pelaksanaan Ujian Ulang | SOP-PPNHIB-AAK.05.c |
8. | Komplain nilai | SOP-PPNHIB-AAK.05.d |
9. | Usulan Penelitian Tugas Akhir/PA/Skripsi/Tesis | SOP-PPNHIB-AAK-07.a |
10. | Turnitin | SOP-PPNHIB-AAK.09.c |
11. | Pelaksanaan Ujian Sidang | SOP-PPNHIB-AAK.09.f |
12. | Mekanisme Ujian Sidang Full Online | SOP-PPNHIB-AAK.09.g |
13. | Standar Minimal Kelulusan | SOP-PPNHIB-AAK-09.h |
14. | Yudisium | SOP-PPNHIB-AAK-09.i |
15. | Perbaikan Hasil Ujian Sidang | SOP-PPNHIB-AAK-09.j |
16. | Lulusan Tepat Waktu | SOP-PPNHIB-AAK-10 |
17. | Rata-Rata IPK | SOP-PPNHIB-AAK-11 |
18. | Pelaksanaan Wisuda | SOP-PPNHIB-AAK-12 |
19. | Penerbitan Ijazah, Transkrip dan SKPI | SOP-PPNHIB-AAK.13.a |
20. | Legalisir Ijazah | SOP-PPNHIB-AAK.13.b |
21. | Surat Keterangan Pendamping Ijazah | SOP-PPNHIB-AAK-13.c |
No. | Nama Panduan | Kode Panduan |
---|---|---|
1. | Survey Kepuasan Pembelajaran Mahasiswa | PANDUAN-PPNHIB-TPK-07 |
2. | Panduan Pelaksanaan Ujian Sidang Online | SOP-PPNHIB-AAK-09.e |
No. | Nama Panduan | Kode Panduan |
---|---|---|
1. | SOP Evaluasi Proses Belajar Mengajar Program Studi | • FORM -PPNHIB-MPI-03
• FORM -PPNHIB-MPI-05 • FORM -PPNHIB-MPI-06 • FM-PPNHIB-AAK-05.a-01 • FM-PPNHIB-AAK-05.a-02 |
2. | SOP Pelaksanaan Tugas Akhir Mahasiswa | • FM-PPNHIB-AAK-07.a-01
• FM-PPNHIB-AAK-07.b-01 • FM-PPNHIB-AAK-07.b-02 • FM-PPNHIB-AAK-07.b-03 • FM-PPNHIB-AAK-07.b-04 • FM-PPNHIB-AAK-09.a-01 • FM-PPNHIB-AAK-09.a-02 • FM-PPNHIB-AAK-09.a-03 • FM-PPNHIB-AAK-09.a-04 • FM-PPNHIB-AAK-09.j-01 |
3. | Survey Kepuasan Pembelajaran Mahasiswa | • FM-TPK-B7-01 • FM-TPK-B7-02 |
4. | SOP Melaksanakan Asesmen | • FM-LSP-02-01 FR.APL.01 Permohonan Sertifikasi Kompetensi
• FM-LSP-02-02 Daftar hadir asesi • FM-LSP-02-03 Undangan Rapat Koordinator UJK • FM-LSP-02-04 Surat Permohonan Pengajuan Blanko • FM-LSP-02-06 layout Klaster dan Kualifikasi • FM-LSP-02-07 Daftar Hadir Kordinator Rapat UJK • FM-LSP-02- 08 layout Klaster dan Kualifikasi • FM-LSP-02-09 RISALAH RAPAT LSP – UJK • FM-LSP-02-10 contoh sertifikat mahasiswa |
5. | SOP Sertifikasi Kompetensi | • Fm- Lsp-06-01 Daftar Asesor Dan Asesi Pelaksanaan Ujk Mth Periode Juni 2022
• FM- LSP-06-02 Jadwal Uji Kompetensi Prodi MKE angkatan 2018 • FM- LSP-06-04 Laporan Ka. Unit Pleno Uji Kompetensi • FM- LSP-06-03 Potensi ujk |
6. | Usulan Penelitian Tugas Akhir/PA/Skripsi/Tesis | FM-PPNHIB-AAK-07.a-01 |
7. | Perbaikan Hasil Ujian Sidang | FM-PPNHIB-AAK-09.j-01 |
No | Nama Template | Kode Template |
---|---|---|
1. | Surat Tugas Asisten Mahasiswa | |
1. | Surat Pemberitahuan Penyerahan Soal | |
1. | Template SKR Sidang TA Sarjana | |
1. | Berita Acara Rapat Senat |